Pertama Kali Coba Diving? ada aturan penting yang harus kamu tahu

Best Indonesia Travel – Hal apa saja yang akan Anda lakukan kalau jalan-jalan ke daerah pantai? Sebagian banyak wisatawan memilih Diving dan bersantai sambil menikmati pemandangan sekitarnya saja. Beberapa diantaranya terutama anak muda dan masyarakat modern asik berfoto selfie atau mencari spot fotografi terbaik sebagai bahan kenang-kenangan. Padahal melewatkan kesempatan liburan di pantai cantik sangat langka apalagi jika Anda tergolong sibuk dan tak memiliki waktu luang berlebih.

Daripada hanya duduk manis, menonton turis lain melakukan akktivitas atau bahkan makan di pinggiran pantai maka lebih baik mencoba hal seru seperti diving. Diving atau menyelam adalah salah satu fasilits tempat wisata panti dan laut yang mengajan wisatawan menikmati kehidupan bawah air. Banyak hal bisa didapatkan dari olahraga tersebut diantaranya belajar tentang biota laut seperti terumbu karang, jenis ikan, ubur-ubur, bintang laut, hiu, lumba-lumba, pari, dll.

Kemudian juga menjadikan badan sehat karena termasuk olahraga kardio paling bagus dimana semua bagian tubuh akan bergerak bebas. Rutin diving juga menguatkan organ jantung dan paru-paru karena tekanan di dalam air begitu berat sehingga melatih sistem pernafasan sekaligus melancarkan aliran darah.

Masalah yang Sering Terjadi Saat Diving

Meskipun menyenangkan dan menantang tetapi diving seringkali menyebabkan banyak masalah bagi wisatawan. Ini terjadi bagi mereka yang tidak paham sama sekali mengenai teori serta teknik menyelam tetapi sering melanggar aturan. Adapun masalah tersebut seperti:

1. Mengalami kram karena tidak melakukan pemanasan sebelum terjun ke dalam air.
2. Tenggelam di dasar dan kesulitan mencapai permukaan kembali.
3. Diserang hewan laut mulai dari hiu liar, disengat ubur-ubur, terkena duri ikan pari, racun ikan buntal, atau tertusuk bulu babi dan tergores terumbu karang.
4. Nafas terasa sesak dan berat kemudian mengalami pusing karena tak kuat menahan tekanan bawah air.

Aturan Penting Selama Diving di Laut

Sama seperti jenis olahraga ekstim lainnya, diving menerapkan peraturan dan kebijakan ketat bagi wisatawan. Jangan sampai Anda melanggar aturan dalam Permainan Casino Online apabila tak ingin mendapatkan dampak buruk terutama bagi kesehatan serta keselamatan nyawa Anda. Diving menjadi salah satu jenis kegiatan ekstrim karena mempunyai banyak resiko mulai dari cidera, gangguan kesehatan, cacat fisik sampai dengan kematian. Berikut ini beberapa aturan yang wajib diperhatikan bagi para penyelam pemula!

  • Cobalah pelajari lebih dahulu mengenai teori menyelam di kawasan laut agar punya pemahaman dan pengetahuan luas. Kemudian ketahui pula apa saja teknik dan metode diving supaya mudah menangkap penjelasan dari pelatih.
  • Anda harus menguasai teknik berenang dengan baik dengan beberappa gaya supaya bisa bergerak leluasa tanpa khawatir ketika berada di dalam air. Kalau sudah pandai berenang dan menyelam maka Anda dapat menjelajahi beberapa spot diving terbaik tanpa diikuti terus oleh para pemandu.
  • Patuhi semua perkataan pemandu karena mereka merupakan penyelam profesional dan sudah punya sertifikat resmi. Hal ini bertujuan demi menjaga keselamatan serta kenyamanan Anda ketika diving di suatu objek wisata tertentu.
  • Pakai baju selam beserta peralatannya dengan benar. Apabila Anda merasa kesulitan maka mintalah bantuan pada teman ataupun instruktur tempat wisata tersebut. Salah pasang sedikit saja akan berakibat fatal, seperti selang akan terhambat, aliran oksigen tak lancar, air masuk ke selang, dan lain sebagainya.

Kepulauan Raja Ampat atau Bunaken

  • Jangan pernah sentuh atau mengambil biota laut dengan sembarangan. Sudah ada aturan tentang pelarangan menyentuh hewan atau tumbuhan di bawah laut, terutama di wilayah konservasi seperti Kepulauan Raja Ampat atau Bunaken. Selain itu juga menghindari terjadinya masalah seperti keracunan, sengatan hewan laut, dan sebagainya.
  • Laut Indonesia begitu kaya sehingga banyak sekali spesies hewan bakal Anda temui saat menyelam. Jangan langsung panik dan bergerak tak karuan saat berpapasan dengan ikan berukuran raksasa atau terlihat menyeramkan. Tindakan tersebut dapat menganggu sehingga memungkinkan mereka untuk menyerang Anda. Tetap tenang, ikuti aba-aba dari instruktur dan pemandu di dalam air.
  • Jangan pernah membawa dan memberi makan ikan-ikan di dalam laut. Meskipun ada beberapa objek wisata memperbolehkan hal tersebut tetapi lihat dulu mengenai peraturan berlakunya. Resiko akan muncul kalau Anda berani memberikan mereka nasi atau roti yaitu dapat mengundang hewan laut lain yang cukup berbahaya.
  • Sebagai travelers yang mencintai lingkungan maka Anda harus senantiasa menjaga kelestarian laut Indonesia. Jangan tinggalkan apapun termasuk sampah ketika sedang menyelam. Bahkan kalau perlu bawalah wadah jaring kecil untuk menyimpan sampai plastik yang Anda temukan selama menyelam di dalam laut.

MemPelajari teori serta teknik

Olahraga diving sangatlah menarik tetapi juga beresiko tinggi kalau sampai Anda tak tau apa saja aturan penting mengenainya. Memelajari teori serta teknik terlebih dahulu memang sangat penting guna membantu para pemula dalam memahami segala aturan dengan baik. Kalau masih ragu dan khawatir maka cobalah menyelam di beberapa objek wisata bawah laut yang agak dangkal, ombak tenang, landai dan banyak wisatawan seperti Karimunjawa, Pulau Seribu, Nusa Dua Bali, dll.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *