Barang Bawaan yang Penting saat Hiking

Persiapan Traveling – Kalau Anda sedang jenuh dan ingin melakukan olahraga outdoor menarik maka sesekali cobalah hiking di gunung. Pada dasarnya jenis kegiatan ini cukup populer di Indonesia, khususnya bagi para pecinta alam dan lingkungan. Sembari berolah fisik, mereka dapat menikmati indahnya alam yang masih natural dan asri ciptaan Tuhan. Bagi warga perkotaan, liburan ke kawasan gunung serta melakukan hikinh jadi pilihan tepat melepaskan stress kepala akibat penatnya pekerjaan dan hiruk pikuk kehidupan sekitar.

Ternyata masih ada beberapa orang salah kaprah mengartikan hiking yang disamakan dengan naik gunung atau mendaki. Meski latar tempatnya sama tetapi pengertiannya berbeda karena hiking hanya berupa jalan-jalan santai saja tanpa harus camping atau mendaki sampai puncak. Biasanya orang-orang hanya berjalan sampai bagian tengah, sekeliling kaki gunung, atau area perbukitannya saja. Jadi waktunya lebih singkat dan sisanya dipergunakan untuk kegiatan lain, misalnya bersantai di bawah pohon, piknik, bermain, outbond, dan lain sebgainya.

Manfaat Kegiatan Hiking di Gunung

Walau hanya sekedar jalan ringan saja tetapi hiking memberikan manfaat bagi tubuh manusia. Ditambah lagi jika Anda melakukannya langsung di alam terbuka dimana kondisi udara masih sejuk, banyak pasokan oksigen, dan medan jalanan penuh rintangan sehingga meningkatkan kerja fisik.

Lalu apa sajakah manfaatnya?

  • 1. Membuat fisik menjadi lebih sehat dan kuat karena anggota tubuh senantiasa bergerak aktif. Aliran darah makin lancar, otot kuat, dan keringat akan keluar lebih lancar
  • 2. Sebagai salah satu olahraga kardio yang bagus membakar lemak berlebih. Jadi bagi Anda yang punya masalah berat badan maka dapat menjajal hiking sesekali agar lemak serta timbunan kalori bisa terbuang dan tubuh cepat kurus.
  • 3. Menghindarkan Anda dari resiko penyakit jantung serta paru-paru karena hiking membuat aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh menjadi lancar. Dengan begitu segala macam gangguan seperti stroke, darah tinggi, jantung koroner, atau smacamya bisa diminimalisir.
  • 4. Menjernihkan pikiran, menenangkan jiwa karena melihat keindahan alam khas pegunungan. Adanya hutan pinus, kawasan perbukitan hijau, bunga liar ditambah udara sejuk mampu membuat perasaan Anda makin bahagia. Apalagi sekarang ini agak sulit sekali mendapatkan suasana dan kondisi tempat masih asri terutama bagi masyarakat perkotaan.

Barang Bawaan Penting Sebelum Hiking

Cara Traveling Murah dan Menyenangkan Hiking memang tak memerlukan banyak barang bawaan seperti ketika naik gunung. Anda tak harus membawa tenda, panci, kompor, pasokan makanan instan, atau sebagainya. Jika terlalu berlebihan maka akan merepotkan diri sendiri karena kesulitan membawanya dalam tas. Padahal Anda tidak akan menginap apalagi pasang tenda ketika melakukan hiking, melainkan langsung kembali ke tempat awal setelahnya. Meski begitu tetap ada beberapa hal patut dipertimbangkan terutama mengenai barang bawaan seperti berikut ini!

  • 1. Jaket dan pakaian hangat merupakan barang bawaan utama untuk mencegah kondisi hipotermia. Gangguan tersebut seringkali dialami orang-orang tertentu ketika fisiknya mulai melemah dan tak tahan cuaca dingin. Bawalah selalu jaket atau sweater tambahan dalam tas selama Anda hiking. Makin tinggi area yang dijelajahi maka udaranya juga lebih dingin.
  • 2. Bawalah pasokan air putih daripada camilan tau snacks. Selama melakukan aktivitas tersebut, tubuh manusia akan cepat lelah dan mudah dehidrasi. Hal tersebut juga ditambah dengan kondisi suhu rendah dan oksigen menipis sehingga mengakibatkan tubuh mudah kekurangan cairan.

Manfaat Barang Bawaan saat hiking

  • 3. Barang selanjutnya adalah jas hujan agar melindungi Anda dari gerimis atau bahkan hujan dadakan. Cuaca di area gunung memang tak mudah ditebak karena bisa berubah panas dan cerah kemudian kabut turun serta membawa gerimis.
  • 4. Kalau Anda tipikal orang mudah lapar maka bawa beberapa makanan ekstra. Tidak harus berupa rantang berisi nasi dan lauk lengkap ataupun roti berukuran besar. Hal tersebut justru akan merepotkan Anda karena tas semakin berat serta makin banyak sampah yang harus dibawa pulang. Bawa saja jenis makanan tinggi karbo dan protein serta penahan lapar seperti telur rebus, roti gandum, buah pisang, apel, dan sebagainya.
  • 5. Anda juga akan membutuhkan pisau lipat karena sifatnya sangat serbaguna. Pisau tersebut dapat digunakan untuk memotong rumput liar atau ranting kecil yang menghalangi jalan, mengambil makanan, membuat tongkat atau peralatan alami lain selama perjalanan. Para pendaki tentu akan sangat terbantu dengan adanya benda kecil tersebut.
  • 6. Satu lagi barang penting ketika hiking adalah handuk kecil. Sebaiknya hindari penggunaan tissur karena bisa menumpuk sampah dan agak merepotkan jika harus mengumpulkannya kembali. Handuk tersebut dipakai untuk melap keringat, mengeringkan bagian tubuh, atau sebagainya ketika dibutuhkan.
  • 7. Jangan lupa bawa baju ganti yang sifatnya santai dan berbahan nyaman. Hindari penggunaan material jeans atau kain ketat karena menganggu aktivitas Anda. Jeans atau denim dapat membuat kulit cepat lecet serta menyulitkan pergerakan.

Karena hiking tak butuh waktu sampai seharian penuh maka bawalah barang penting dan diperlukan saja. Terlalu berlebihan malah akan menyulitkan diri sendiri, menimbun sampah, bahkan sifatnya berbahaya. Jika keberatan tas maka tak jarang seseorang mudsh tergelincir dan terjatuh sehingga menimbulkan cidera cukup serius. Bawa beberapa barang diatas dan gunakan tas sewajarnya yang pas dengan ukuran tubuh agar mudah digunakan saat pergi hiking.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *