Panduan Tips Pergi Liburan Ke Batam

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Batam

BestIndonesian Travel. – Liburan Ke Batam ialah satu kota Indonesia yang meskipun kecil akan tetapi padat kegiatan. Penduduknya sejumlah hampir satu juta orang. Kota ini diketahui menjadi penghubung proses produksi pada Segitiga Perkembangan Indonesia-Malaysia-Singapura.

Terdapat cuma 20 km dari Singapura serta 25 km dari Johor-Malaysia, Batam jadi sama dengan Lokasi Ekonomi Spesial punya Cina – satu tempat dimana perancang ekonomi bangsa itu lakukan eksperimen pada kebijaksanaan serta ide ekonomi yang baru.

Pulau ini adalah pusat industri yang terbagi dalam pabrik barang elektronik, industri reparasi kapal yang besar serta berkembang pesat Agen Judi Poker, serta bahkan juga bidang layanan minyak yang semakin besar. Sebab jumlahnya tenaga kerja asing kerja disana agak banyak, jadi banyak pula pub serta lapangan golf ada.

Sementara itu, kebanyakan turis yang datang ke sana berasal dari sekitar Singapura. Terdapat segilintir resor untuk keluarga di Batam, serta wisata kehidupan malam, terutama di Bintan.

Wilayah Utama Batam

Batam terdiri dari beberapa area yang orang biasa kenal dengan nama:

  • Nagoya
  • Batam Centre
  • Nongsapura
  • Sekupang
  • Telaga Punggur
  • Nagoya

Nagoya, yang juga dikenal sebagai Lubuk Baja, merupakan kawasan utama di Pulau Batam. Terletak di semenanjung utara Pulau Batam, kota ini dipilih oleh para pengusaha swasta untuk menjadi pusat kantor pemerintahan, bisnis dan perdagangan. Sementara, pemerintah daerah tadinya menginginkan Batam Centre yang menjadi pusat kota Batam. Kebanyakan hotel, tempat makan dan hiburan Poker Omaha berlokasi di Nagoya. Penting untuk menyadari bahwa Nagoya di sini berbeda dengan Nagoya di Jepang.

Terminal ferry paling dekat dengan Nagoya adalah Harbour Bay, di sebuah wilayah bernama Jodoh. Hanya perlu berkendara beberapa menit dari pusat Nagoya ke Harbour Bay. Harbour Bay memiliki cukup banyak jam pelayanan kapal ferry dari terminal ferry Singapura, HarbourFront. Sementara itu, terminal ferry yang lama, Batu Ampar, sekarang sudah tutup.

Nagoya memiliki akses jalur darat yang baik. Pada jam puncak kepadatan lalu lintas, hanya dibutuhkan sekitar satu jam untuk mencapai tempat paling ujung di Batam dari Nagoya, seperti Tanjung Uncang atau pun Nongsapuri.

Biaya naik taksi dari Nagoya ke Sekupang sekitar 12.000 rupiah per orang jika menggunakannya beramai-ramai. Dan sekitar 40.000 rupiah untuk carteran. Sedangkan biaya taksi ke terminal ferry Harbourbay sekitar 15.000 rupiah.

Nagoya Hill merupakan mall terbesar di Batam dan merupakan pusat dari Matahari Department Store. Nonton film di bioskop 21 Cineplex hanya butuh biaya 35.000 di hari Sabtu atau Minggu.

Sementara itu, mall paling padat di Batam adalah Batam City Square. Nonton film di 21 Cineplex hanya butuh biaya 40.000 rupiah di hari Sabtu atau Minggu. Mall ini juga punya tempat karaoke, tempat bersantai, dan tempat permainan fantasi Timezone.

Di antara Nagoya Hill dan Batam city Square terdapat sebuah kuil bernama Da Bo Gong (大伯公廟). Kita bisa melihat banyak patung dewa-dewi. Selain kuil Da Bo Gong, ada tempat beribadah lain, yaitu Wihara Budhi Bhakti yang terletak di Jalan Pembangunan Windsor dan Masjid Baitussyakur yang terletak di Jalan Imam Bonjo, dekat Hotel Harmoni.

Pergi Liburan Ke Batam

Ada juga theme park yang belum lama selesai dibangun, Ocarina. Ocarina memiliki pantai, theme park kecil dan water park baru. Kita juga bisa melihat patung shio sepanjang perjalanan. Dibutuhkan sekitar 15 menit dari pelabuhan Batam Centre ke Ocarina.

Jika ingin mencari pakaian, pergilah ke Batam City Square atau Nagoya Hill. Untuk alat olahraga, kebanyakan yang dijual di Batam adalah peralatan golf, yang mana bisa ditemukan di toko olahraga besar di Nagoya Hill dan mall bernama Mega Mall. Sedangkan oleh-oleh yang menjadi favorit adalah kue lapis, kerupuk gonggong, dan mie instan merk dalam negeri. Toko kue lapis paling tua di Batam adalah Layers Batam, yang berdiri sejak tahun 2005 dan memiliki outlet di Batam City Square, Nagoya Hill, Mega Mall, Kepri Mall, terminal ferry Harbour Bay, dan terminal ferry Sekupang.

Hati-hati memilih tokonya karena saat ini banyak sekali toko roti baru yang menggunakan nama Layer. Kebanyakan QQ Online di sana menerima Singapore Dollars karena letak Batam sangat dekat dengan Singapura. Jika sewaktu-waktu memerlukan rupiah untuk berbelanja, turis asing bisa menukarkan mata uang di money changers di sana dengan rate yang kompetitif, atau bisa gunakan kartu kredit. Jika berbelanja di Nagoya Hill, jangan ragu untuk menawar karena harga bisa jadi sudah dinaikkan 1.5 sampai 2 kali lipat.

Nagoya memiliki banyak foodcourt luar ruangan, yang biasa disebut pujasera

  • Nagoya Food Court, di seberang Hotel Sahid Rashinta, merupakan pujasera terbesar di Nagoya dengan kapasitas 400 tempat duduk. Cobalah 888 Seafood atau New Hai San Seafood (Telepon: +62-81177-9656).
  • Pujasera A1, dekat Lucky Plaza, memiliki banya variasi makanan Indonesia dan Cina, termasuk cabangnya New Hai San Seafood.
  • Pujaser Sindo Happy, di persimpangan Jalan Iman Bonjol dan Jalan Windsor.
  • Restoran Sederhana, terletak di Windsor Central Blok B No. 1 Nagoya Batam, yang menawarkan khusus makan Padang,

Ada banyak toko makanan lokal yang berlokasi di sisi kiri pintu masuk Nagoya Hill, di mana kita bisa menemukan sate, ayam panggang, dan ikan bakar. Jika lebih memilih makanan lokal dengan tempat yang memiliki pengatur suhu ruangan dan mungkin lebih nyaman, pergilah ke foodcourt yang terletak di dalam mall. Nagoya Hill’s Food Street, contohnya, merupakan foodcourt yang besar, murah, dan enak, sehingga selalu padat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *