Patung Yesus Kristus Raksasa

Patung Yesus Kristus Raksasa di Tana Toraja

Best Indonesian Travel – Jika Anda bertanya adakah patung Yesus Kristus terbesar di dunia pada beberapa orang maka mereka biasanya menjawab Negara Brazil. Tepatnya di Kota Rio De Jeneiro terdapat sebuah ikon utama sekaligus jadi lokasi wisata internasional yaitu patung Yesus raksasa. Bagi Anda umat Kristen maupun Katolik tidak perlu terbang jauh sampai kesana untuk beribadah atau sekedar jalan-jalan saja. Indonesia juga punya hal sama dimana ada patung Yesus Kristus di Tana Toraja. Sebuah destinasi liburan yang sifatnya religius sehinga masyarakat setempat ataupun pengunjung dari berbagai daerah dapat berdoa. Merenung, beribadah dan menikmati pemandangan sekitarnya.

Patung tersebut mempunyai tinggi sekitr 40 meter bahkan melebihi yang ada di Brazil. Kabarnya sudah diakui dunia sebagai patung paling tinggi kedua setelah Polandia. Lokasinya berada di puncak bukit Buntu Burake dengan ketinggian sekitar 1.100 mdpl, terpatnya di Tana Toraja, Kota Makale. Disini selalu ramai dan hampir tiap tahun mengalami lonjakan wisatawan terutama mereka yang penasaran serta ingin melakukan ibadah sakral.

  • Pembuatan Patung Yesus Tana Toraja

Patung Yesus Kristus tersebut dibuat oleh seorang seniman yang juga pernah membuat patung fenomenal Habibi Ainun di Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Ia bernama Niel El Fuadi. Proses pembuatan dimulai sejak bulan Mei 2015 dengan menggunakan perunggu sebagai material utamanya. Sang seniman membuat beberapa bagian tubuh terlebih dahulu di Yogya kemudian merakitnya secara ulang agar tidak rusak ataupun mengalami cacat. Pertama-tama semua bagian tersebut dibawa ke Buntu Burake agar mudah karena belum dipasangkan secara utuh.

Patung berukuran 23 meter tersebut berdiri diatas sebuah landasan setinggi 17 meter sehingga totalnya menjadi 40 meter. Sementara itu mengenai anggaran biayanya juga tak sedikit karena mencapai 22 milyar rupiah secara keseluruhan. Tepatnya pada tanggal 32 Agustus 2015, patung raksasa sudah diresmikan oleh pemerintah dan diakui secara nasional dan dunia. Karena merupakan karya seni religi yang unik maka patung Yesus Kristus di Tana Toraja ditetapkan sebagai ikon sekaligus objek wisata baru. Dengan begitu mereka bisa menarik minat dan perhatian masyarakat dunia agar mau berkunjung tanpa harus pergi jauh ke Polandia ataupun Brazil. Lagipula patung di Buntu Burake sangat berbeda jauh dimana mempunyai kelebihan sendiri seperti berada di puncak bukit, dikelilingi pemandangan khas dataran tinggi hijau, serta lokasinya tak terlalu padat penduduk. Bagi travelers yang ingin melakukan ibadah atau doa maka bisa merasa tenang, damai, dan tak mudah diganggu orang lain.

  • Apa yang Menarik di Sana?

Meski lokasinya di puncak Buntu Burake tetapi akses jalan menuju kesana tidak terlalu sulit. Bahkan Anda bisa menemukan angkutan umum dengan mudah, mulai dari bis kota, angkot, ojek, bahkan sewa kendaraan. Kira-kira pengunjung butuh waktu beberapa menit saja karena jaraknya hanya 3 kilometer dari Kota Makale. Jadi bermula dari Makale ke Rantepao, Anda dapat menggunakan jasa kendaraan umum kemudian harus menaiki ojek ataupun mobil pribadi untuk sampai ke Buntu Burake. Hal ini dikarenakan akses jalanan ke atas bukit belum memadai dan kondisinya berbatu serta terlalu menanjak.

Agar dapat sampai ke puncak Bandar Togel Online maka wisatawan harus menaiki ratusan anak tangga yang jumlahnya 500 atau mungkin lebih. Perjalanan terasa lebih melelahkan karena jalanannya menajak sehingga membuat Anda cepat haus. Adanya tangga tersebut ada maksud dan makna tersendiri yaitu mencerminkan penderitaan serta perjuangan Yesus Krists dalam memikul salib besar menuju Puncak Golgota. Dengan demikian pengunjung dapat memahami jika suatu keinginan, kejayaan, kemuliaan dapat dicapai melalui penderitaan terlebih dahulu.

  • Pengelola di Tempat Wisata

Kalau sudah merasa sangat kelelahan maka Anda dapat berhenti sejenak dan duduk santai di beberapa gazebo yang telah disediakan pengelola wisata. Tujuannya memang sebagai tempat berteduh serta bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan alam di sekitar bukit tersebut. Semakin tinggi jarak ditempuh maka terlihat keindahan kota Malake secara luas, termasuk kawasan perkotaan, perkebunan, dan lain sebagainya. Kemudian pemerintah juga membangun fasilitas lain disana seperti toilet dan beberapa warung kecil penjual makanan serta minuman ringan. Namun sebagian besar wisatawan lokal lebih memilih membawa bekal sendiri dari rumah. Lalu disantap bersama keluarga atau rombongan sambil menggelar tikal di bawah pohon atau atas bukit.

Objek wisata patung Yesus Kristus di Tana Toraja ini sangat cocok sekali bagi Anda maupun travelers yang ingin mencari ketenangan jiwa. Karena tergolong tempat religi untuk beribadah umat Kristen dan Katolik. Maka kegiatan utama yang dilakukan adalah merenung, berdoa, meditasi dan sebagainya. Didukung oleh pemandangan sekitar yang merupakan alam pegunungan maka suasananya begitu sejuk, asri, dan tenang sehingga segala bentuk ibadah terasa lebih khusyuk. Bagi pelancong dari luar daerah Sulawesi maka sebaiknya cari tempat menginap di dekat objek tersebut agar tidak merasa kelelahan dan akomodasinnya juga mudah.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *